Selasa, 01 November 2011

Kesuksesan Paling Mulia (Greatest Glory)

MU vs City 1-6, taken from Google
Sembilan hari yang lalu, tepatnya tanggal 23 Oktober 2011, bukan hari yang menggembirakan untuk saya dan jutaan fans MU* di seantero dunia. Alih-alih menaklukan rival sekota, MU justru tersungkur di hadapan publik sendiri dengan skor yang sangat telak, 1- 6!! Kekalahan yang memutus rekor tak pernah kalah di kandang musim ini sekaligus kekalahan terbesar yang pernah diderita MU di Old Trafford sepanjang sejarah Premier League.

Namun bukan Sir Alex Ferguson bila tak mampu membakar semangat anak asuhnya. Dua laga selanjutnya berhasil diakhiri dengan kemenangan. Meski lawan yang dihadapi dalam laga selanjutnya berbeda kelas dengan Manchester City, namun setidaknya mental juara berhasil dipertunjukkan oleh anak asuh Sir Alex Ferguson.

Mari kembali melihat diri kita masing-masing. Apapun profesinya, entah pelajar, entrepreneur, seniman, desainer, atau engineer sekalipun,  "kegagalan" adalah sebuah kepastian sedang "kesuksesan" adalah pilihan which's able to be took it or left it. Tinggal sekarang pilihan mana yang hendak kita ambil? Bila kita selalu pasrah pada keadaan dan tidak mau sedikit memaksakan diri untuk berjuang, hampir dipastikan hanya "kegagalan"-lah yang akan akrab dengan kita. Sebaliknya, bila kita gigih, ulet, dan tak kenal lelah dalam berjuang, cepat atau lambat "kesuksesan" akan datang, meski harus disertai dengan kegagalan demi kegagalan.

Karena sebenarnya kesuksesan yang paling mulia bukan berarti kita tidak pernah gagal, namun selalu bangkit setiap kali mengalami kegagalan. Kegagalan inilah yang akan menyempurnakan setiap usaha kita. Karena "kegagalan" akan mengirimkan sinyal feedback kepada kita. Semakin banyak gagal semakin tahu dimana letak kelemahan kita. Semakin paham kelemahan kita, semakin tahu dimanakah kita harus memperkuat diri. Semakin banyak action untuk memperkuat diri, semakin dekat diri kita dengan kesuksesan.

"Our greatest Glory isn't in never falling, but in raising every time we fall"..Confucius


Be ready and tough to face every challenge in this November!
Keep Learning, Keep Growing



*MU means Manchester United


Tidak ada komentar:

Posting Komentar