Rabu, 23 November 2011

Ayo Naik Kelas!!

haruskeatas.blogspot.com

Sejak 2 bulan yang lalu, saya dan teman-teman sesama siswa GDP* mulai kembali rutin bermain futsal. Kami bermain bersama karyawan Holcim lainnya. Diantara para karyawan yang sudah berusia diatas 30 tahun, tentu saja stamina kami relatif lebih baik. Beberapa dari kami pun memiliki skill individu yang cukup mengagumkan. Bahkan seorang dari kami merupakan alumni juara kompetisi Rektor Cup ITS. Tidak mengherankan bila kami siswa GDP, bermain sebagai satu tim, gawang kami jarang kebobolan dan tentu saja lebih banyak menceploskan bola ke gawang lawan.

Hari Jumat kemarin, seperti biasa kami sesama siswa GDP datang bersama-sama untuk bermain futsal. Kami biasa bermain mulai jam 5 sore sampai jam 7 malam, sedang saya sendiri lebih sering bermain setelah sholat Maghrib. Karena hujan yang cukup deras pada sore itu, banyak karyawan yang absen bermain futsal. Alhasil kami pun kekurangan pemain dan untuk menutupinya seorang karyawan memutuskan untuk sparring / latih tanding dengan tim dari perusahaan lain.

Bila selama ini kami menghadapi lawan yang rata-rata berusia diatas 30 tahun ke atas, kali ini kami mendapatkan lawan yang sepadan. Bila selama ini kami lebih sering menceploskan bola, kali ini kami lebih sering memungut bola dari gawang sendiri. Bila selama ini kami lebih sering memenangkan pertandingan, kali ini kami harus lapang dada menerima kekalahan.

Pertandingan malam itu menunjukkan kualitas tim saya yang sesungguhnya. Kemenangan yang sering kami peroleh selama ini tidak menggaransi kekuatan yang sebenarnya. Kami lebih sering menang karena memang lawan yang kami hadapi sudah berusia jauh di atas kami, dengan stamina yang relatif berada di bawah kami.

Jangan lekas berpuas diri bila kita sering memperoleh kesuksesan dengan mudah. Kesuksesan bisa diraih karena kita memang jauh lebih unggul dibanding lainnya atau memang rekan-rekan kita memang bukanlah lawan yang sepadan untuk kita. Salah satu jalan untuk mengukur kekuatan kita yang sebenarnya yaitu dengan keluar dari zona nyaman dan segera cari lawan yang sepadan. Kita akan tahu seberapa kuat kita, dan lebih dari itu kita akan lebih mudah meningkatkan kualitas diri. Seorang siswa kelas 5 SD tentu akan lebih mudah berkembang bila belajar bersama-sama dengan siswa kelas 5, bukan kelas di bawahnya. Seorang atlet Tae Kwon Do dengan sabuk biru akan lebih cepat berkembang bila sama-sama berlatih dengan pemegang sabuk biru, atau bahkan yang diatasnya.

Apapun profesinya, jangan pernah puas bila kita begitu mudah meraih kesuksesan. Karena itulah pertanda untuk lekas keluar dari zona nyaman, saatnya taklukan tantangan yang lain, dan tentu saja waktu yang tepat untuk Naik Kelas!


Keep Learning, Keep Growing!!

*GDP = Graduate Development Program
Program pembinaan calon karyawan fresh graduate.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar