Rabu, 21 Desember 2011

Instant Tak Selamanya Baik


Foto diatas saya ambil saat dalam perjalanan pulang dari plant menuju rumah kontrakan. Saya tertarik bukan pada isi konten yang tertera dalam iklan tersebut, karena Insya Alloh saya sudah cukup puas dan bersyukur dengan apa-apa yang telah dikaruniakan Alloh kepada saya. Saya sengaja berhenti dan mengambil foto iklan tersebut karena saya teringat akan gejala sosial di masyarakat yang makin banyak mendambakan segala sesuatu secara instant.

Banyak orang yang ingin cepat mendapatkan kebahagiaan dan kesuksesan secara cepat dan instant. Mereka terjebak dalam keinginan atau mimpi pribadi yang terlampau tinggi hingga lupa dan tidak tahu bagaimana cara meraihnya. Pada akhirnya orang-orang tersebut akan cenderung menghalalkan aneka ragam cara untuk meraih tujuannya. Meski saya yakin mereka pun memahami efek samping dari segala sesuatu yang diperoleh secara instan.

Buah yang dimatangkan dengan cara dikarbit ataupun artificial treatment lainnya sudah pasti tidak semanis dengan buah yang matang di pohon. Karir seorang selebritis yang meniti mulai dari nol tentu saja akan lebih awet daripada artis yang meraih kesuksesan melalui cara-cara instant. Kebanggaan menyandang gelar S2 yang diraih dengan cara "membeli" ijazah sudah pasti jauh berbeda rasanya dengan orang yang harus bersusah payah menyelesaikan thesis untuk meraih gelar master. Apalagi untuk soal kualitas, sudah pasti segala sesuatu* yang natural lebih baik daripada yang artificial, sebagaimana pernah saya post sebelumnya disini

Saya sadar banyak constraints yang membatasi ruang gerak hidup kita. Ada beberapa hal yang memang sulit bila tidak ditempuh dengan cara instant. Namun saya yakin masih banyak lagi hal berharga di dalam sisi-sisi kehidupan kita yang masih bisa diperjuangkan secara baik-benar dan terlalu sayang bila diraih secara instant.

Karena, baik kesuksesan maupun kebahagiaan bukanlah semata fungsi hasil, namun fungsi proses. Segala sesuatu yang dilandasi dengan niat yang benar dan ikhlas, dilakukan dengan cara dan melalui jalan yang benar, dan disertai dengan doa yang tiada henti, Insya Alloh hasilnya pun akan berujung pada kepuasan dan kebahagiaan yang tiada tara. Mari kita saling bergandeng tangan, sisingkan lengan baju, dan bersatu raih kesuksesan bersama!!


Keep Learning, Keep Growing!

*terlebih untuk iklan yang diatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar