Sabtu, 17 Desember 2011

Holcim in Bontang

panoramio.com

Delapan bulan yang lalu, tepatnya bulan April 2011, saya mengikuti berbagai tahapan seleksi rekrutmen sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang industri semen. 2 bulan kemudian saya resmi diterima sebagai peserta  Graduate Development Program batch 6 (GDP 6). Program ini berlangsung selama setahun dan kini sudah menginjak bulan ke 7. Selama 3 bulan pertama, kami menjalani in-class training. Materi yang diberikan meliputi general overview, safety induction selama 2 minggu, marketing and innovation, leadership and self development, all details relate to cement manufacturing dan tentu saja maintenance. Kini setelah 3 bulan in-class training, saya dan peserta lainnya dibagi per kelompok untuk  menempuh rotational OJT selama 6 bulan. Kami secara bergiliran berpidah-pindah mulai dari production dept, technical dept, maintenance dept, quarry dept, geocycle, corporate technical services, dan  OHS (occupational, health, and safety). Setiap departemen atau tempat OJT, kami diberi waktu antara 2 - 4 minggu untuk belajar dan menggali lebih banyak ilmu. Bulan ini kelompok saya sedang menempuh OJT di quarry dept atau penambangan bahan mentah. Kami belajar segala sesuatu tentang aktivitas penambangan, mulai dari pembukaan lahan tambang, drilling, blasting, loading, hauling, dan tentu saja penutupan lahan tambang / reklamasi.


Rotational OJT yang kami jalani akan berakhir di pertengahan bulan Maret tahun depan. Saat ini kami sedang menunggu pengumuman penempatan untuk dedicated OJT atau semacam spesialisasi pada sebuah departemen selama 3 bulan. Kami akan membuat semacam tugas akhir secara individu relate to analysis and problem solving. Hampir semua peserta GDP harap-harap cemas menunggu pengumuman ini. Penempatan ini akan memberikan sedikit gambaran terkait dimana kelak kami akan ditempatkan setelah lulus tahun pertama program GDP.


Tadi malam beberapa teman saya menginformasikan bahwa sudah ada pengumuman via e-mail terkait dedicated OJT. Beberapa ada yang ditempatkan di Cilacap Plant dan sisanya di Narogong Plant.  Saya bergegas membuka laptop dan menancapkan modem. Tidak lama kemudian saya pun sudah terkoneksi dengan internet. Saya buka kotak masuk email. Saya baca perlahan pengumuman yang masuk. "..Dear Essa, I would like to inform that you are going to be placed in Bontang Plant..". Begitulah inti dari pengumuman yang saya baca. Bontang Plant? Sejak kapan perusahaan saya membangun plant di Bontang? Setahu saya Holcim Indonesia hanya ada memiliki 4 plants untuk manufacturing yaitu Cilacap Plant, Narogong Plant, Ciwandan Plant, Malaysia Plant, dan Tuban Plant yang sedang dalam masa pembangunan. Sedang untuk Batching Plant berjumlah 29 tersebar di seantero Jawa dan Bali. Tapi tetap saja tidak ada yang di Bontang.


Di tengah-tengah kebingungan itu, jam weker saya berdering suangat keras. Perlahan saya membuka mata, jarum jam menunjukkan pukul 03.20. Alhamdulillah, ternyata ini semua hanya mimpi belaka. Hahaha. Entah saya yang begitu lelah setelah bermain futsal tadi malam, terlalu memikirkan dedicated OJT atau memang terlampau memikirkan "hal-hal" yang lain sampai-sampai ada Bontang Plant. Haha.
Happy weekend for you guys.:)



Keep Learning, Keep Growing 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar