Rabu, 30 Mei 2012

Yang Terkecil Yang Menentukan

Sumber : catalystmentalhealth.com

Dari sekian banyak permainan, puzzle termasuk mainan yang paling saya gemari. Semasa masih duduk di taman kanak-kanak saya paling senang bila bermain puzzle yang terbuat dari kayu. Bila harus beradu cepat dalam menyusun puzzle, saya sangat sulit untuk dikalahkan oleh teman-teman saya.

Suatu ketika sepulang dinas luar kota, Ayah saya pernah membelikan saya dan adik saya masing-masing sebuah puzzle bergambar. Tak terbayangkan bahagianya kami saat itu. Selang bertahun kemudian, kini giliran saya yang membelikan puzzle untuk adik-adik saya. Saya ingin mereka merasakan sensasi menyusun kembali puzzle menjadi sebuah gamabr yang utuh.

Hal yang terlihat "mudah" namun bisa sangat menyulitkan saat menyusun puzzle adalah ketika menempatkan kepingan puzzle terakhir. "Mudah" karena itulah kepingan terakhir, letaknya pun sudah bisa dipastikan. "Sulit" bila ternyata kepingan puzzle tersebut terselip hilang entah kemana. Kita harus mencari kesana kemari untuk menemukannya.

Sama halnya dengan kehidupan kita sehari-hari. Godaan terbesar justru datang saat kita hampir menyelesaikan sebuah pekerjaan. Rasa lelah bercampur hasrat untuk segera cepat selesai. Pada akhirnya banyak hal remeh yang seringkali kita abaikan. Lebih-lebih sebagai seorang pria (khususnya saya) memiliki kecenderungan untuk menyepelekan hal-hal yang kecil.

Melalui tulisan ini saya mencoba mengingatkan diri saya untuk selalu keep on focus until finish dalam mengerjakan segala sesuatu. Karena sebagai pribadi, saya masih sering mengabaikan hal yang kecil. Entah itu lupa menaruh barang, bepergian tanpa menggunakan kacamata, hingga menunda-nunda pekerjaan.

..."Kemenangan seorang pembalap sepeda tidak hanya ditentukan oleh kayuhan pertama atau terakhir saja, namun setiap kayuhan dari start hingga garis finish-lah yang menentukannya juara atau tidak. Tidak akan genap 1 juta bila kurang 50 rupiah. Tidak akan menjadi sebuah susunan puzzle yang indah bila hilang satu saja keping puzzle"...

Masih banyak hal kecil di sekeliling kita (saya) yang harus selalu diperhatikan dan dikerjakan secara serius. Karena bisa jadi disitulah penentu kesuksesan kita.


Keep Learning, Keep Growing!!
*Secara khusus saya ucapkan terima kasih untuk partner saya yang selalu (tanpa lelah) mengingatkan akan hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar