Senin, 24 Oktober 2011

Maha Penolong


.."Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.." QS : Al Imron 160..

Dalam melaksanakan aktivitas sehari hari, tidak jarang kita menemui banyak sekali rintangan dan halangan. Bagi yang masih sekolah atau kuliah, seringkali menjumpai dosen yang dinilai killer. Bagi yang sedang mengerjakan tugas akhir, seringkali mendapati kesulitan dalam mengumpulkan data yang menunjang. Bagi yang menjalankan wirausaha seringkali menjumpai persaingan bisnis yang kurang sehat. Bagi yang bekerja pada sebuah perusahaan, seringkali menjumpai atasan yang kurang bersahabat atau sub ordinate yang sulit dikendalikan. Atau bagi Ibu rumah tangga yang seringkali mengalami  kesulitan bila harga bahan pokok merangkak naik.  Dan masih bayak lagi halangan dan rintangan yang membuat kita feel down. Belum lagi bila yang kita hadapi intensitasnya berulang ulang, semangat yang mulanya merah membara bisa redup seketika. Produktivitas kita pun akan turun mengikuti kurva semangat yang terus menurun.

Bila sedikit merenung, tidak ada ujian yang datang dengan sendirinya tanpa izin Alloh. Segala cobaan dan ujian sudah direncanakan dengan sangat matang oleh-Nya, sedemikian sehingga tidak ada kesulitan yang melebihi kapasitas kita. Oleh karena itu, apapun kesulitannya, kita kembalikan kepada-Nya untuk memohon pertolongan. Sebagaimana yang kita lakukan bila membeli barang elektronik bergaransi. In case barang tersebut mengalami kerusakan dan kita kesulitan untuk memperbaikinya, maka kita akan membawanya kembali kepada produsen yang bersangkutan.

Bila kita yakin bahwa tidak ada persoalan yang tidak mampu terselesaikan, maka seberat apapun kesulitannya, saya yakin kita tetap percaya diri, tetap feel enjoy, terlebih bila kita percaya bahwa "kesulitan" adalah cara Alloh untuk menaikkan derajat dan kualitas hambanya, maka segala persoalan hidup justru akan mentrigger kita untuk menaklukannya. Semua ini dapat dilakukan bila kita mengimani bahwa hanya kepadaNya lah kita meminta pertolongan dan yakin bahwa bila sudah datang pertolonganNya maka takkan ada kekuatan lain yang dapat mengalahkannya.


Afterall, dengan memohon pertolongan Alloh, mari kita taklukan segala tantangan dan kesulitan yang akan kita hadapi hari ini!!Happy Monday!

Keep Learning, Keep Growing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar