Sabtu, 02 Juni 2012

Juni : Tancap Gas Pollll...

Sumber : www.avogl.com

Sebenarnya ada cara mudah untuk menilai apakah saya cukup produktif atau tidak. Saat SD parameternya seberapa banyak lukisan yang dibuat dalam sebulan. Kemudian SMP hingga kuliah tingkat produktivitas bisa dilihat dari aktivitas organisasi dan kegiatan ekstrakurikulernya.

Produktif dalam hal ini adalah seberapa banyak karya yang dihasilkan atau aktivitas yang memberikan added value, baik untuk saya sendiri maupun orang-orang di sekitar saya.Situasinya menjadi lebih rumit ketika saya mulai bekerja selepas kuliah. Hampir sebagian besar waktu produktif saya dihabiskan di plant. Saya sedikit kesulitan mengukur pencapaian diri saya bila hanya melihat aktivitas di plant.

Hingga pada akhirnya saya memiliki cara mudah untuk menilai seberapa produktifnya saya, yaitu "Blog" ini sendiri. Sejak saya berkomitmen untuk menulis tiap hari dengan topik yang berbeda, saya seperti memiliki sesuatu yang memang harus saya rawat. Menulis bagi saya sama halnya dengan melukis. Butuh energi ekstra, kebersihan hati dan pikiran, serta tekad yang kuat. Seperti halnya meluki, setelah menulis saya merasa sangat puas. Bila meminjam istilah dr.Boyke, rasanya (mungkin) seperti orgasm.

Bila dilihat intensitas menulis saya dari Maret hingga Mei, karya saya jauh lebih rendah dibanding bulan-bulan sebelumnya. Tidak hanya menulis, aktivitas lainnya pun ikut terbengkalai. Sampai-sampai target bulan April pun terpaksa saya perpanjang hingga Mei (disini). Dari 5 target, masiha da 2 poin yang belum selesai hingga kini yaitu menghafal Al Mulk dan membaca buku.

Oleh karenanya, bulan Juni ini saya jadikan milestone untuk tancap gas meningkatkan produktifitas melalui target di bawah ini. 

1. Mulai merapikan kembali segala bentuk aktivitas terkait self management, seperti  financial planning, monthly-weekly hingga daily planning.
2. Segera menyelesaikan segala urusan terkait Graduation Day seperti materi presentasi, poster dan journal. Acara ini merupakan puncak dari serangkaian fase yang harus dilalui selama prose GDP.
3. Merutinkan kembali aktivitas mingguan dan harian, seperti berolah-raga maupun menulis. Khusus untuk menulis, target saya bulan ini harus lebih baik dibanding frekuensi menulis saya pada periode bulan Maret - Mei.
4. Buku! Bayangkan selama 3 bulan lebih saya hanya menyelesaikan satu buah judul buku. Bulan ini saya alokasikan 2 buku cukup. Hehe
5. Ini target yang khusus saya tancapkan untuk mengobati penyakit lama, hafalan. Hehe. Bismillah Al Mulk mumtaz..

Pada akhirnya itulah 5 poin yang menjadi Key Performace Indicator (KPI) saya diluar KPI untuk aktivitas di plant. Saya tidak memiliki tujuan lain dalam menyusun KPI ini selain untuk memacu diri saya sendiri agar tetap berkembang dan kompetitif. Bismillah Tancap Gas Polll..


Keep Learning, Keep Growing!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar