Kamis, 02 Agustus 2012

Mbak Mimin, Karyawan Inspiratif

Saya adalah orang yang sepakat dengan pendapat bahwa lingkungan sekitar memiliki pengaruh yang tidak kecil terhadap kita. Bersyukurlah bagi yang bisa menemukan lingkungan ataupun komunitas yang sangat mendukung perkembangan diri kita. Dan harus lebih bersyukur lagi bila mampu beradaptasi dengan beraneka ragam lingkungan, hingga bisa memperkaya khazsanah wawasan diri kita.
 
Dari sekian banyak lingkungan tempat saya bergaul, saya sangat terkesan dengan apa yang saya peroleh selama beraktivitas di Koperasi Mahasiswa dr.Angka ITS. Banyak hal dan inspirasi yang saya dapatkan. Entah interaksi antar sesama pengurus-pengawas, anggota, pembina dan bahkan karyawan sekalipun.

Dari sekian banyak karyawan, ada seorang karyawan yang cukup memberikan kesan mendalam. Hingga tiap datang bulan Ramadhan saya selalu teringat beliau. Kami akrab memanggilnya Mbak Mimin. Saya dan teman-teman memiliki hubungan yang sangat dekat bukan hanya karena kami semata-mata sesama keluarga besar kopma, namun juga karena usia beliau yang sebagian besar sebaya dengan orang tua kami. Tidak mengherankan bila kedekatan kami seperti ibu dan anak.
 
Oleh karenanya tidak mengejutkan bila kami sering curhat dengan beliau, dan tentu saja obrolan kami tidak terbatas pada satu hal. Bahkan saat saya fall in love dengan sesorang yang yang baru saja mengambil gambar untuk penyusunan buku 25 Mahasiswa Inspiratif, saya pun bercerita dengan beliau. Hehe

Dari sekian banyak interaksi antara saya dengan beliau, ada satu obrolah yang sangat membekas dalam diri saya. Terlebih bila Ramadhan datang. Saya pasti akan teringat beliau akan hal ini.

Suatu siang, kira-kira hari ke 7 Ramadhan, saat saya sedang berkunjung ke Kopma, kami bercerita banyak tentang puasa.  Kemudian, entah bagaimana awalnya, saya bertanya kepada beliau sudah berapa Juz yang beliau baca sejauh ini. Jawaban beliau cukup membuat saya kaget, hingga hari tersebut beliau sudah membaca hingga Juz 14 atau 15.

Ternyata beliau memiliki target yang sangat tinggi. Dalam sebulan target beliau adalah dua kali khatam Al-Quran. Artinya setiap hari minimal beliau harus menyelesaikan 2 Juz. Saya begitu kagum terlebih bila melihat kesibukan beliau sebagai ibu rumah tangga sekaligus. Saya malu, dengan  kesibukan yang hanya berkutat dengan aktivitas kemahasiswaan, saya mentok berani menargertkan 1 Juz dalam sehari.

Sejak saat itu saya terlecut untuk berbuat seperti yang telah beliau lakukan tiap tahun.Beliau selalu mengingatkan untuk memiliki target-target ibadah harian tiap kali Ramadhan tiba.  Hingga Ramadhan yang datang sekali dalam setahun tidak berlalu begitu saja. Terlebih kita belum tentu menemui Ramadhan lagi di tahun depan.

Sebenarnya tidak hanya itu saja, masih banyak amalan-amalan harian  beliau yang menggugah saya. Memang, inspirasi tidak harus selalu datang dari orang-orang yang sudah kondang. Bila kita mau menyadari dan sedikit lebih menyelami, banyak hal-hal sederhana yang bisa kita petik hikmah maupun inspirasinya.

Mbak Mimin (kedua dari kiri) bersama karyawan kopma dan keluarga saat rekreasi karyawan 2010.


Keep Learning, Keep Growing!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar